Tuesday, 18 December 2012

Ciri Khusus Pada makhluk Hidup


Mata Pelajaran :
Ilmu Penegtahuan Alam

Kompetensi     :

Memahami ciri-ciri dan penggolongan hewan dan tumbuhan, manfaat tumbuhan dan hewan bagi manusia, serta upaya pelestariannya.

****************************************************************

Setiap makhluk hidup diciptakan Tuhan dengan ciri khusus yang membedakannya dengan makhluk lain. Ciri khas tersebut bermanfaat bagi makhluk hidup tersebut untuk mempertahankan hidup di lingkungannya, misalnya untuk melindungi dirinya dari pemangsa, atau memudahkannya dalam mencari makanan.


1. Ciri Khusus Pada Hewan

Beberapa ciri khusus pada hewan antara lain :

a.  Ciri Khusus Pada Cicak dan Tokek

Ciri khas tokek dan cicak adalah :

  • Dapat merayap di dinding.
    Cicak dapat merayap di dinding bahkan dengan posisi terbalik di langit-langit rumah karena pada kakinya terdapat sepacam sistem perekat. Pada kaki cicak terdapat rambut-rambut halus yang disebut spatulae. Ketika cicak merayap di dinding, spatula menyelip di antara atom-atom lapisan dinding, sehingga kaki cicak dapat menempel dengan kuat. 
  • Memiliki lidah yang panjang dan lengket
    Lidah yang panjang dan lengket membantu tokek dan cicak untuk menangkap mangsanya.
  • Dapat memutuskan ekornya saat terancam bahaya.
    Kemampuan untuk memutuskan ekornya disebut autotomi. hal ini dilakukan cicak/tokek untuk mengelabuhi pemangsa. Pemangsa akan terkecoh dengan bagian ekor yang bergerak-gerak sepentara cicak/tokek melarikan diri.

b. Ciri Khusus dan Peranan Kelelawar Bagi Kehidupan

Di Indonesia hidup bebagai spesies kelelawar menurut Profesor Dr. Riset Ibnu Maryanto dari pusat Penelitian Biologi LIPI (http://www.jualbeliforum.com), di Indonesia terdapat sekitar 255 spesies kelelawar. Beberapa jenis kelelawar berdasarkan jenis makanannya antara lain : kelelawar pemakan buah ( kelelawar buah), kelawar pemakan ikan (kelelawar ikan), kelelawar pemakan katak (kelelawar katak), kelelawar penghisap darah (kelelawar vampir), kelawar pemakan nektar (kelelawar lidah panjang).

Beberapa ciri khusus pada kelelawar antara lain :
  • Suka hidup di gua yang gelap dan lembab atau pohon yang tinggi dan rindang.
  • Mencari makan pada malam hari (hewan nocturnal), dan tidur pada siang hari, dengan posisi terbalik.
  • Memiliki pendengaran yang sangat tajam.
  • Memiliki kemampuan melakukan ekolokasi.
    Ekolokasi adalah kemampuan untuk mengetahui kondisi lingkungan di sekiratnya menggunakan gelombang bunyi. Bagaimana kelelawar melakukannnya?
    Pada saat terbang, kelelawar mengeluarkan bunyi berfrekuensi tinggi ( ultrasonik). Jika gelombang bunyi tersebut mengenai benda-benda di sekitarnya, gelombang bunyi akan dipantulkan. Dengan pantulan suara tersebut, kelelawar dapat memperhitungkan jarak, ukuran, dan arah benda-benda di sekitarnya, bahkan kelelawar juga dapat mengetahui apakah permukaan benda tersebut kasar atau halus. Selain membuat kelelawar dapat terbang tanpa menabrak benda-benda di sekitarnya pada malam yang gelap, kemampuan ekolokasi ini juga bermanfaat bagi kelelawar untuk mengetahui letak mangsanya.
Tahukah kamu, mengapa kelelawar tidur dengan posisi terbalik?
Berikut beberapa alasannya:

  • Memudahkan kelelawar untuk memulai terbang. Tidak seperti burung, meskipun sama-sama bisa terbang, kelelawar tidak dapat terbang langsung dari tanah ke udara, karena sayap mereka tidak cukup kuat untuk mengangkat mereka lepas landas. Selain itu, kaki belakang mereka juga sangat kecil dan tidak berkembang, sehingga mereka tidak dapat berlari untuk mecapai kecepatan yang diperlukan untuk lepas landas. Untuk mengatasi masalah tersebut, kelelawar memanjat ke tempat yang cukup tinggi, kemudian menjatuhkan diri untuk memulai penerbangan mereka. Dengan tidur bergelantungan dalam posisi terbalik di tempat yang tinggi, mereka akan siap untuk memulai penerbangan.
  • Menghindari predator dan kompetisi.  Langit-langit gua atau bagian bawah jembatan merupakan rempat yang sulit dijangkau hewan pemangsa, sehingga kelelawar akan terhindar dari para predator. Selain itu, hanya sedikit hewan yang dapat tidur dengan posisi seperti kelelawar. Sehingga kelelawar tidak perlu memperebutkan tempat dengan hewan lain.
  • menghemat energi ketika beristirahat. 
(http://kelas6buasih.blogspot.com) 

Peranan Kelelawar Bagi Kehidupan Manusia
Meskipun sedikit menyeramkan, dan dapat menyebarkan beberapa penyakit(misalnya rabies), ternyata kelelawar lebih banyak memberikan manfaat daripada kerugian bagi kehidupan manusia. Masih menurut  Prof. Dr Ibnu Maryanto beberapa manfaat tersebut diantaranya adalah :
  • Merupakan predator alami hama tanaman padi, seperti wereng dan tikus.
  • Membantu penyerbukan dan penyebaran biji beberapa jenis tanaman
  • Berperan sebagai pengontrol biologi bagi penyebaran penyakit malaria dan antropoda penyebar penyakit hewan.


c. Ciri Khusus Pada Bunglon

  • Mampu merubah warna tubuhnya sesuai kondisi di sekitarnya. Kemampuan ini membantu bunglon untuk menangkap mangsa dan menyembunyikan diri dari pemangsa. 
  • Memiliki lidah yang panjang dan lengket untuk menangkap mangsa.
  • Matanya dapat berputar dan melihat ke segala arah
  • Memiliki kaki yang dapat mencengkeram dengan kuat

d. Ciri Khusus Pada Laba-laba



Ciri khusus pada laba laba yaitu :
  • Memiliki delapan mata, delapan kaki, dua taring bisa dan dua peraba.
  • Mampu menghasilkan benang sutera dari kelenjar (disebut spinneret) yang terletak di bagian belakang tubuhnya.
    Sebagian laba-laba menggunakan serat itu untuk membentuk jaring, untuk  memerangkap mangsanya. Serat sutera ini juga amat berguna untuk membantu laba-laba bergerak, berayun dari satu tempat ke tempat lain, menjerat mangsa, membuat kantung telur, melindungi lubang sarang, dan lain-lain.
  • Menghasilkan bisa
    Bisa yang dihasilkan laba-laba selain berguna untuk melumpuhkan mangsa dan melindungi diri dari musuhnya, juga membantu laba-laba dalam mencerna makanan. Laba-laba tidak bisa mengunyah atau menelan, bisa yang disuntikkan ke tubuh mangsanya akan mencerna dan menghancurkan tubuh mangsanya dari dalam, selanjutnya laba-laba dapat menghisap cairan tubuhnya.




Referensi :
BSE Ilmu Pengetahuan Alam SD Kelas VI Amin Priyono
BSE Ilmu Pengetahuan Alam SD kelas VI Ari Pitoyo
BSE Ilmu Pengetahuan Alam SD Kelas VI Heri Sulistyanto
BSE Ilmu Pengetahuan Alam SD Kelas VI Mulyati Arifin
BSE Ilmu Pengetahuan Alam SD Kelas VI Sulistyowati
BSE Ilmu Pengetahuan Alam SD Kelas VI Yayat Ibayati
http://bpmkotabandaaceh.wordpress.com
http://www.jualbeliforum.com




0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India